Senin, 25 Juli 2011

Soal dan Jawaban MID Smester ADM dan Supervisi Pendidikan



1.     Jelaskan ! Mengapa administrasi pendidikan harus mencakup 7M+I ?
Jawab:
Untuk mencapai tujuan dari organisasi pendidikan itu di perlukan adanya 7M+I, karena 7M+I itu sendiri mencakup Man, Money, Material, Machine, Metode, Market, Minute, dan Informasion.
Dimana semua aspek tersebut saling berkaitan dan sangat erat hubunganya,
Karena dalam Administrasi Pendidikan itu sendiri harus mencakup semua proses usaha kerjasama dalam mencapai tujuan pendidikan, jadi harus dilakukan dengan melibatkan semua aspek yang ada.
Sehingga administrasi pendidikan itu merupakan proses pemanfaatan dari sumber daya yang ada atau dari semua aspek. Yang meliputi uang, manusia, material, sarana dan prasarana, metode dan market sebagai pusat pemasaran akhir serta informasi untuk tercapainya tujuan yang telah di tetapkan secara efektif dan efisien.
Jika ada salah satu dari 7M+I itu tidak berjalan, maka proses dari administrasi pendidikan yang meliputi POALC (Planing,Organitation,Actualing, Leading,dan Controling) itu tidak akan berjalan dengan baik.
Karena, administrasi pendidikan  memiliki unsure-unsur sbb:
o    Adanya dua manusia atau lebih,
o    Adanya tujuan yang ingin di capai,
o    Adanya tugas yang harus di laksanakan,
o    Adanya peralatan dan perlengkapan,
o    Adanya waktu dan tempat,
o    Proses,
o    Organisasi, dan
o    Kerja sama.
Dari unsure-unsur di atas dapat kita lihat bahwasanya 7M+I itu sangat erat kaitanya dengan Administrasi Pendidikan. Dan semua aspek tersebut harus ada dalam Adminisrasi Pendidikan jika kita ingin mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.



2.     Coba anda urutkan proses administrasi pendidikan!
Jawab:
Proses administrasi pendidikan itu di mulai dari:

o    Perencanaan ( Planing )
Dimana perencanaan merupakan syarat mutlak bagi setiap kegiatan administrasi. Tanpa perencanaan pelaksanaan suatu kegiatan akan mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan yang di inginkan.
Adapun langkah-langkah dalam perencanaan meliputi hal-hal sbb:
-       Menentukan dan merumuskan tujuan yang ingin di capai,
-       Meneliti masalah dan pekerjaan yang akan dilakukan,
-       Mengumpulkan data dan informasi yang di butuhkan, dan
-       Merumuskan bagaimana masalah itu akan dipecahkan dan bagaimana pekerjaan itu akan di laksanakan.
o    Pegorganisasian ( Organitation )
Pengorganisasian merupakan aktivitas menyusun  dan membentuk hubungan kerja,sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam mencapai tujuan yang telah di tetapkan secara efektif dan efisien.
o    Pelaksanaan ( Actualiting )
Pelaksanaan disini merupakan proses penjalanan tugas dari hal-hal yang telah diputuskan dalam pelaksanaan tujuan organisasi.
o    Memimpin ( Leading )
Kegiatan memimpin ialah usaha atau upaya mengarahkan dan memotivasi agar dapat melaksanakan tugas pokok fungsinya dengan baik.
o    Pengawasan ( Controling )
Pengawasan ini berfungsi untuk membuat institusi berjalan sesuai dengan  jalur yang telah ditetapkan dan sampai kepada tujuan secara efektif dan efisien.






3.     Pentingnya mempelajari Administrasi Pendidikan bagi mahasiswa/calon guru? Mengapa !
Jawab:
Administrasi Pendidikan  ialah keseluruhan proses kerjasama baik dua orang atau lebih dengan memanfaatkansemua sumber personil dan materil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah di tetapkan secara efektif dan efisien.
Dari pengertian di atas dapat kita tarik kesimpulan, bahwa pentingnya kita sebagai mahasiswa dan calon guru dalam mempelajari administrasi pendidikan itu ialah:
-       Kita dapat mengetahui aahwa Administrasi itu adalah suatu lembaga pendidikan yang merupakan suatu sumber utama manajemen dalam mengatur proses belajar mengajar dengan tertib sehingga tercapainya suatu tujuan terpenting pada lembaga pendidikan tersebut.
-       Kita dapat mengetahui bagaimana proses-proses berjalanya suatu administrasi pendidikan yang sebenarya harus dilakukan sebagai seorang pendidik. Karna dalam Administrasi Pendidikan itu tidak hanya membahas tentang catat-mencatat, keuangan, melainkan bagaimana kita dapat melaksanakan proses organisasi itu sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan secara efektif dan efisien.
Dengan demikian diharapkan kita dapat termotifasi untuk memberi sesuatu yang berbeda yang mengarah pada proses perbaikan dalam dunia pandidikan, setelah kita mempelajari administrasi pendidikan.karena seorang guru selain menjadipelaksana administrasi pendidikan juga bertanggung jawab agar pendidikan dapat berlangsung dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar